Menikmati Kabut Lembut di Tebing Keraton, Bandung (Transportasi dan Biaya)

Advertisement

Informasi Wisata Populer di Bandung Utara, Tebing Keraton (Transportasi dan Biaya)


Bandung dikenal dengan kota yang menjadi salah satu tujuan wisata favourite di Indonesia. banyak terdapat tempat wisata menarik yang dapat di kunjungi wisatawan salah satunya adalah kawasan wisata yang ada di bandung utara, yaitu wisata tebing keraton.


Tebing Keraton (Doc: Illamestika)

Tebing Keraton merupakan wisata alam yang cukup terkenal. Ditempat wisata ini pengunjung bisa menikmati sejuknya kabut dan hijaunya alam. Tempat wisata ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Kamu bisa menikmati indahnya kabut tebing keraton apabila datang di kisaran jam 04.30 - 07.00.

Kami tim BM JanganLupaBahagia.com melakukan perjalanan di tebing keraton dari Jakarta dengan menggunakan kereta api Jakarta - Bandung. Berikut rincian perjalanan yang kami lakukan:

Perjalanan Jakarta - Bandung
  • Kereta Api:
Jika kamu memilih menggunakan kereta api, disarankan menggunakan kereta api malam. Harga tiket termurah adalah dengan menggunakan kereta serayu malam / pagi dengan harga Rp. 67.000,- / penumpang yang berangkat dari stasiun senen menuju stasiun bandung.
  • Bus:
Banyak pilihan bus dari jakarta - badung dengan harga tiket Rp. 50.000,-/penumpang, disarankan cari yang ke leuwi panjang.
  • Bandung - Tebing Keraton
Saat itu kami ingin mengejar kabut di pagi hari, karena sangat susah mencari kendaraan umum menuju tebing keraton, kami memutuskan untuk menyewa sepeda motor sewaa seharga Rp. 50.000,-/12 jam. Kalau ingin menggunakan kendaraan umum, dari terminal leuwi panjang naik bis jurusan terminal dago dengan tarif Rp. 15.000,-. Dari terminal dago, kami kurang paham untuk menuju ke tebing keraton karena tampaknya tidak ada angkutan umum.

Baca: Menikmati asyiknya Hammock di Situs Batu Kuda, Bandung

Kami start dari daerah braga dengan menggunakan sepeda motor. Bagi yang menggunakan mobil, arahnya juga sama. Ambil arah jembatan pasupati, lalu turun jembatan ke arah dago. Setelah itu, cari arah ke terminal dago. Setelah di terminal dago, kami menemukan jalan bercabang dan ambil arah kanan untuk menuju tebing keraton. Tidak jauh kemudian, kami menembukan jalan bercabang lagi, dan ambil kanan untuk menuju tebing keraton. Perjalanan dari kota bandung menuju tebing keraton adalah sekitar 1 jam perjalanan dengan menggunakan sepeda motor.


Cantik yahhh (Doc: Hafid Maulana)

Jika menggunakan mobil pribadi, tebing keraton hanya bisa dijangkau sampai pertigaan terakhir. Dan semua penumpang harus berjalan kaki cukup jauh atau bisa naik ojek yang banyak ditemukan di dekat parkiran.
Tiket Masuk Tebing Keraton
Tiket masuk menuju wisata Tebing Keraton, Bandung adalah Rp. 12.000,/- per wisatawan lokal, dan Rp. 51.000,- (Kalau tidak salah) untuk wisatawan asing. Sementara, tarif parkir sepeda motor adalah Rp. 5.000,-/sepeda motor. (parkir mobil beda tempat, harus parkir di bawah).
Seputar Wisata Tebing Keraton
Di wisata Tebing Keraton ini, wisatawan akan disuguhkan pemandangan alam berupa bukit dan pegunungan sunda. Di sini juga ada bangunan seperti mercusuar yang bisa dinaiki secara gratis. Juga bisa berfoto di tebing, namun tetap harus berhati-hati. Datang lebih pagi ke Tebing Keraton akan lebih baik, karena bisa menikmati sunrise dan indahnya kabut.

Estimasi Biaya ke Tebing Keraton
Seperti biasa, kami akan merangkum biaya yang kami keluarkan:
  • Tiket KAI Jakarta - Bandung: Rp. 134.000,-/orang (Tiket Pulang Pergi) 
  • Sewa Motor: Rp. 50.000,-/hari 
  • Bensin: Rp. 15.000,-/motor 
  • Tiket Masuk : Rp. 12.000,-/orang 
  • Parkir Motor: Rp. 5.000,-/motor 
  • Uang Jajan : Rp. 100.000,-/orang 

Jadi biaya total yang kami rekomendasikan, jika memang berangkat dari Jakarta adalah Rp. 316.000,-/orang.
Hal Yang Harus Diperhatikan


Foto Tebing Keraton - Bandung (Doc: #TebingKeraton)

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat berkunjung ke Tebing Keraton:
  • Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, untuk menghemat biaya. 
  • Siapkan pengetahuan seputar kendaraan umum apabila memilih backpacker. 
  • Datang lebih pagi sekitar pukul 05.00 sampai 07.00 untuk menikmati indahnya tebing keraton. 

Nah itu dia informasi wisata di bandung utara ini ala JanganLupaBahagia.com. Semoga bermanfaat bagi semua pembaca blog. #JanganLupaBahagia

Baca Juga:

Liburan Ke Bukit Moko Bandung - Info Wisata dan Budget Bukit Moko
3 Tempat Wisata Camping di Bandung Dengan Harga Murah
Advertisement

Penulis : Hafid Maulana
Judul : Menikmati Kabut Lembut di Tebing Keraton, Bandung (Transportasi dan Biaya)
Disclaimer: Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan berkomentar di bawah ini
Related Posts
Disqus Comments