5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Mendaki Gunung Papandayan

Editor: Tim BM

December 4, 2016

Biar Nggak Salah, Ini Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Mendaki Gunung Papandayan


Gunung Papandayan merupakan salah satu destinasi pendakian favorit para pendaki. Selain keindahan alam yang ditawarkan, papandayan juga dikenal sebagai gunung untuk pemula, sehingga gunung yang ada di kabupaten garut jawa barat ini selalu ramai dikunjungi pendaki setiap tahunnya. Bahkan menurut data, setiap tahunnya para wisatawan gunung dengan ketinggian 2665 mdpl ini selalu meningkat hingga ratusan persen setiap tahunnya.

Nah, buat kamu yang niat mendaki gunung papandayan, JanganLupaBahagia.com akan memberikan beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum mendaki gunung yang terkenal dengan pesona bunga edelweis tegal alun ini.

1. Jarak Kota Garut - Papandayan


Terminal Guntur - Papandayan (:maps)

Kalau kamu datang dari luar kota garut, dan baru pertama mendaki papandayan, mungkin belum tahu soal transportasi dan juga jarak antara kota garut dan gunung papandayan. Jaraknya cukup jauh jika dihitung dari terminal guntur, maupun bunderan tarogong. Perlu naik sampai 3 kali angkutan umum untuk sampai di camp david, gunung papandayan. Jaraknya sendiri sekitar 30 km dari terminal guntur.

2. Jalur Pendakian Gunung Papandayan


Jalur Pendakian Gunung Papandayan (Instagram: savieragita)
Menurut saya, trek atau jalur pendakian gunung ini tidak terlalu sulit seperti gunung ciremai maupun burangrang. Treknya terbilang lebar, dan tidak terlalu terjal. Bahkan banyak motor trail yang bisa sampai ke pondok saladah. Baca: Info Lengkap Pendakian Gunung Papandayan

3. Sumber Air


Papandayan atau kamu, jadi bingung :D (Instagram: hildamotret)

Air di gunung papandayan sangat melimpah, dan tentunya bersih. Di pos pendirian tenda camping, banyak sumber air tersedia dan bahkan bisa langsung ambil dari kran air yang ada. Selain itu, buat yang ingin mandi pun bisa, karena terdapat beberapa "gubuk" untuk mandi ataupun wudhu. Jadi, untuk mengurangi beban carrier kamu, kamu tidak perlu membawa banyak air.

4. Banyak Berdiri Warung Warga


Sunrise hutan mati (Instagram Sayayunita)

Tidak hanya di camp david, di tiap pos pendakian, bahkan di pondok saladah pun banyak berdiri warung. Kamu bisa membeli makanan dari bubu kacang ijo, cilok sampai nasi goreng di gunung ini. Enak banget kan?

5. Tiket Masuk Papandayan


Star trail papandayan (instagram: petrusronyps)

Menurut informasi terbaru dari teman pendaki, tiket masuk gunung ini sudah naik hingga berkali-kali lipat mahalnya. Para pendaki ditarik tarif hingga puluhan ribu rupiah untuk masuk kawasan gunung papandayan ini. Selain itu, parkir kendaraan bermotorpun cukup mahal. Duh, sayang banget ya. Cek info tiket simaksi terbaru gunung papandayan di sini: Tiket Masuk Gunung Papandayan 2016.

Itu dia beberapa hal harus kalian ketahui sebelum mendaki gunung papandayan. Meskipun terbilang gunung yang tidak terlalu sulit didaki, tetap harus mempersiapkan fisik dan peralatan sebaik mungkin. 

Dan sebagai informasi, suhu gunung ini terbilang dingin di malam hari. Semoga bermanfaat dan salam lestari :)


Baca juga:

Reaksi: