July 11, 2019

Inilah peralatan dan perlengkapan wajib mendaki gunung yang harus kamu bawa ketika pertama kali mendaki gunung

    Inilah Perlengkapan Hiking yang Wajib Dibawa bagi Pendaki


    Apakah Anda termasuk seseorang yang memiliki hobi mendaki? Jika iya, seberapa intensif kah jadwal hiking Anda dalam sebulan? Bagi Anda yang sudah terbiasa naik gunung, pasti tidak perlu repot dan bingung dengan apa yang harus dibawa ketika perjalanan mendaki. Namun, bukan berarti tidak memerlukan persiapan. 

    Apalagi bagi Anda yang belum pernah memiliki pengalaman mendaki. Maka, harus benar-benar teliti dan hati-hati dengan apa yang harus dibawanya. Sebab, jika terlalu banyak akan membebani saat perjalanan, begitu pula ketika terlalu sedikit, dikhawatirkan ada satu dua barang yang lupa dibawa. Nah, berikut ini adalah beberapa perlengkapan hiking yang wajib Anda bawa ketika mendaki gunung. Simak baik-baik ya!

    Sepatu Hiking

    Ingat, hiking adalah kegiatan mendaki gunung yang memiliki lintasan atau jalur perjalanan berbatu hingga licin. Maka, diperlukan alas kaki atau sepatu khusus hiking supaya melindungi kaki Anda. Ketahuilah, sepatu hiking ini memiliki desain khusus yang mendukung langkah pendaki menjadi lebih lancar. 

    Tak hanya itu, daya cengkramnya pun juga lebih kuat dibanding sepatu biasanya sehingga melindungi pendaki supaya tidak tergelincir. Pastikan, bahan sepatu hiking milik Anda kuat dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Dengan demikian, kaki dan tubuh Anda tetap terlindungi secara maksimal.

    Tas Gunung

    Disamping sepatu khusus hiking, perlengkapan hiking lain yang perlu Anda miliki adalah tas gunung atau disebut juga carrier. Jika perlu, bawalah tas gunung yang waterproof atau anti air sehingga mampu melindungi barang bawaan ketika cuaca sedang hujan. Disarankan untuk memilih tas gunung yang berwarna cerah. Gunanya, untuk memudahkan pendaki lain menemukan Anda ketika tengah berada di hutan.

    Baju Ganti dan Jas Hujan

    Gunung merupakan kawasan dataran tinggi di atas permukaan laut. Cuaca di lingkungan tersebut cenderung berkabut dan memiliki curah hujan tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk membawa perlengkapan hiking berupa jas hujan sekaligus baju ganti.
    Jas hujan ini berguna untuk melindungi tubuh dari siraman air hujan maupun terpaan angin. Sedangkan baju ganti juga diperlukan supaya tubuh tetap nyaman. Ketahuilah, kegiatan hiking ini memerlukan tenaga yang besar sehingga keringat pasti bercucuran. Jadi, baju tipis dan mudah menyerap keringat sangat diperlukan. Jangan lupakan pula pelindung kepala dan jaket untuk di malam hari yang dingin.

    Bekal Makanan

    Inilah barang bawaan yang tak sangat penting dibawa untuk menjaga stamina tubuh supaya tetap terjaga yaitu bekal makanan. Sebab, di gunung tidak terdapat toko kelontong yang menjual beragam makanan dan minuman. Maka dari itu, penting untuk membawa bekal makanan dan minuman tambahan. 

    Baca juga: 5 Makanan Wajib Untuk Mendaki Gunung

    Disarankan, jangan membawa makanan dalam porsi pas. Jadi, misalnya jadwal hiking Anda selama dua hari, maka bawalah bekal makanan untuk tiga hari. Dengan kata lain, lebihilah satu hari dalam persediaan makanan. Hal ini penting untuk berjaga-jaga ketika perjalanan tertunda atau tidak sesuai dengan perkiraan. Jangan hanya membawa makanan berat, melainkan juga snack ringan kering juga ya!

    Sleeping Bag

    Mendaki gunung juga memerlukan waktu istirahat. Lalu, dimanakah tempat yang tepat untuk beristirahat? Jangan bayangkan dengan tidur didalam tenda karena akan terlalu repot membawanya. Sebaiknya, bawalah sleeping bag yang lebih praktis. Bisa juga matras yang sama-sama tetap nyaman digunakan untuk tidur.

    Itulah beberapa daftar perlengkapan hiking yang jangan sampai Anda lewatkan. Nah, untuk mendapatkan perlengkapan hiking yang berkualitas, percayakan pada toko online Bukalapak. Portal penjualan online tersebut menyediakan berbagai kebutuhan perlengkapan hiking yang Anda butuhkan dengan kualitas dan harga yang bersahabat.