07 October 2020

Sumber Penghasilan Alternatif Untuk Para Tour Guide di Masa Pandemi. Berikut adalah tips jitu untuk para Tour Guide

Konten [Tampil]

Sumber Penghasilan Alternatif Untuk Para Tour Guide di Masa Pandemi

Di masa pandemi COVID-19 ini, dunia pariwisata sangatlah lesu. Tempat wisata yang hampir setiap weekend biasanya ramai dikunjungi oleh para wisatawan, di masa ini justru sangat sepi, bahkan banyak yang terpaksa tutup. 


Pembatasan sosial berskala besar atau PSBB di berbagai daerah juga salah satu hal yang memaksa tempat wisata terpaksa di tutup untuk mengurangi penyebaran virus Corona di Indonesia. Sebagai informasi bahwa saat ini COVID-19 sudah menjangkit lebih dari 36 juta manusia, dan di Indonesia sendiri sudah lebih dari 300 ribu orang terjangkit. 

Tidak hanya di Indonesia, hampir setiap negara juga alami penurunan pengunjung atau wisatawan asing. Salah satunya adalah Arab Saudi yang juga menutup akses bagi orang yang hendak Haji ataupun Umroh. Tentu dengan kebijakan tersebut, banyak pelaku wisata Umroh dan Haji banyak yang alami kerugian. 

Hal tersebut juga tentu sangat berdampak bagi pelaku wisata kecil seperti Tour Guide, yang harus rela kehilangan pekerjaan dan mencari sumber penghasilan lain di masa pandemi COVID-19 ini. 


Tapi sebenarnya kita tidak perlu banyak terlalu khawatir akan hal tersebut, karena kita harus percaya siapapun yang akan berusaha lebih pasti akan menemui jalan terbaik, termasuk bagi para tour guide yang rela kehilangan sumber penghasilan. 

Di zaman yang serba teknologi ini, kita harus sadar betul dan harus memanfaatkan hal tersebut untuk menambah sumber penghasilan bagi siapapun yang kehilangan pekerjaan utama.

Salah satu alternatif sumber penghasilan untuk para tour guide adalah dengan cara berjualan pernak - pernik wisata secara Online. Yap! ini adalah opsi paling mudah yang bisa dilakukan kapan pun. 

Lalu bagaimana cara berjualan Online? 

Banyak platform digital gratis yang bisa digunakan untuk berjualan online di Internet, salah satunya adalah Blibli.com . Platform karya anak bangsa ini adalah salah satu platform terbesar dan terbaik di Indonesia yang sudah digunakan ribuan seller sukses dan jutaan pembeli aktif, dan melayani ratusan ribu pesanan setiap harinya. 

Cara membuka toko online di Blibli sangatlah mudah, cukup siapkan produk jualan anda maka anda sudah bisa mendaftar sebagai seller. 


Cara untuk membuat akun toko Online di Blibli, cukup daftar sebagai seller di link https://seller.blibli.com/mulai-berjualan kemudian isi seluruh form yang sudah disediakan di situ. 

Catatan penting bahwa nomer HP dan email yang anda daftarkan haruslah nomer  dan email yang aktif karena akan dibutuhkan verifikasi saat mendaftar. 

Tidak seperti platform lain, di Blibli dibutuhkan verifikasi dokumen jika anda ingin menjadi seller dan mengupload produk. Anda memerlukan verifikasi data Bank dan KTP yang akan dilakukan oleh Blibli. Setalh proses verifikasi selesai, barulah anda bisa mengunggah produk dan menjual produk yang anda pasarkan. 

Apa keunggulan Berjualan di Blibli? 

Banyak sekali pembeda antara berjualan di Blibli dengan di platform lain. Dan ini akan menjadi alasan kenapa lebih baik berjualan di Blibli. 

  • Semua toko di Blibli adalah seller aktif dan terpercaya, karena diperlukan verifikasi. Dengan ini, pembeli juga akan semakin mempercayai produk dari Blibli. 
  • Menyediakan program ongkos kirim gratis bagi pembeli, yang membuat semakin hari semakin banyak pembeli.
  • Menyediakan banyak promosi yang menarik pembeli. 
  • Ada fitur paylater bagi pembeli, membuat semakin banyak pembeli membeli produk jualan anda.

Selain itu masih banyak sekali keunggulan blibli dibandingkan dengan platform jualan lainnya. 

Jadi bagaimana? Tertarik berjualan di Blibli.com? Yuk bagi para tour guide yang terpaksa kehilangan pekerjaan, harus tetap selalu semangat dan jangan sampai kita menyerah. 

Baca juga : Pendakian Gunung Kencana Bogor 1803MDPL via Telaga Warna